BOARDING SCHOOL TERBAIK KE 2 NASIONAL

Kamis, 15 Juli 2010

Pra kata

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّ حِيْمِ

اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِى عَلَّمَ بِالْقَلَمِ, عَلَّمَ الإِنْسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْ, وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلىَ خَيْرِ اْلأَنَامِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ سَيِّدِ اْلعَرَبِ وَاْلعَجَمِ, وَعَلىَ الِهِ وَصَحْبِهِ مَنَا بِعِ اْلعُلُومِ وَاْلحِكْمِ


Lembaga pendidikan Pondok Pesantren adalah pusat kaderisasi umat dan bangsa, yang dari lembaga itu diharapkan lahir kader-kader pemimpin yakni ulama yang tidak “gaptek” (gagap teknologi), atau pemimpin bangsa yang saleh, amanah (tidak korup), dan hanief (berpihak kepada kebenaran), atau juga umat yang taat beribadah, jujur dan kerja keras.


Pondok Pesantern Terpadu Darul ‘Amal, Jampangkulon, Sukabumi, adalah lembaga Pendidikan yang dikelola dengan sistem dan kurikulum terpadu antara kurikulum diknas dengan kuriklum pesantren yang bertujuan menyiapkan manusia menjadi pilar atau tiang-tiang dunia sesuai dengan sabda Nabi saw. “Dunia ini tegak dengan empat pilar; dengan ilmunya Ulama, dengan adilnya Umara, dengan kerja keras serta kejujuran al-muhtarifiin (para pekerja), dan dengan do’a-do’anya fakir miskin”.


Selama 24 jam di dalam pengasuhan asatidz dan ustadzat, diharapkan tujuan dan cita-cita itu dapat diwujudkan, tentu saja sangat ditentukan pula oleh kekompakan dari dijalankannya tuga-tugas: Yayasan sebagai penyelenggara, dedikasi guru-guru, Tanggung jawab Wali Santri, serta kesungguhan dan kepatuhan anak-anak santrinya.


Proses berjalannya pendidikan adalah sesungguhnya merupakan proses “pembiasan” oleh karena itu, maka perlu ditetapkan tata tertib dan disiplin selama proses pendidikan di Pesantren yang meliputi hak dan kewajiban santri, wali santri dan pesantren.


Salah satu faktor yang menentukan keberhasilan proses pendidikan di sebuah pesantren adalah hubungan kerjasama yang harmonis antara santri, orang tua/wali santri dan pesantren. Hubungan kerjasama itu harus dilaksanakan atas dasar kepercayaan, husnudzan, keikhlasan, kesungguhan, keterbukaan dan saling pengertian, serta dilakukan dengan cara terus menerus dan berkesinambungan sesuai dengan hak dan kewajiban masing-masing.


Selamat datang di kampus terpadu Darul ‘Amal, semoga Allah memberikan kekuatan kepada kita untuk dapat mengemban amanah yang ada di pundak kita saat ini.